Cara Pasang Lampu LED di Motor Bebek Yamaha

lampu led otomotplus.blogspot.com
ASSalamualaikum.
  Slamat malam teman kali ini saya akan memposting cara pasang lampu LED di motor bebek yamaha.
sebum pasang lampu ini arus listrik harus di ubah menjadi arus DC.

baca dulu tentang pengertian arus DC dan AC

Berikut ini hasil diskusi yang coba kami rangkum agar mudah di aplikasikan. Beberapa cara mudah membedakan sistem pengapian motor AC atau DC :
1. Kabel yang dari spul dipegang atau di konsletin ke body mesin keluar percikan api atau tidak.
2. Starter motor atau diengkol atau hidupun motor, tempelin kabel spul ke bodi mesin, jika ada percikan berarti AC
3. Jika kontak on dan lampu nyala berarti sistem DC, sebaliknya jika AC lampu akan nyala semakin terang jika di putar gas.
4. Jika soal Sistem pengapiannya coba copot kabel + akinya. Jika dicopot tetap bisa menyala berarti sistem pengapiannya AC, sebaliknya jika tidak berarti sistem pengapian motor tersebut sistem DC.
5. Lihat kabel kontak, jika 2 berarti DC, jika 3 berarti AC
Banyak pernyataan pendapat soal sitem pengapian motor AC atau DC. Berikut pernyataan menurut kami. Sistem pengapian pun semakin kesini semakin diperbaiki, ya memang dulu semasih pakai platina sistem pengapian pasti full AC, namun sejak ada CDI sistem mulai berganti ke DC, namun tidak langsung full DC, makanya banyak pendapat teman teman yang berbeda, mungkin karena tingkat generasi atau umur. Dan sejak keluar motor injeksi sekarang sistem berubah menjadi full DC.
Nah kenapa yang tidak full DC motor masih bisa menyala jika aki dicopot? Menurut kami itu karena dari pabrikan sudah disetting jika supply DC dari dari aki tidaj ada arus maka secara otomatotis spul akan mengirim arus ke kiprok, dan dari kiprok langsung di teruskan ke CDI dan lampu. Nah karena kiprok brkerja maksimal dan arus yang dikeluarkan tidak sesetabil keluaran aki maka motor akan mbrebet dan lampu tidak terang tergantung perputaran spul, semakin tinggi RPM semakin stabil dan terang lampu menyala.

soo jika sudah paham tentang AC/DC  kita langsung aja ke cara pasang lampu LED ke motor bebek yamaha gak ribet ko dan gak banyak rubah kabel juga ko cukup siapkan kabel kira kira 50cm lah sama isolasi. oh iya jika motor agan udah ada on/of lamu lebih gampang lagi tapi kalo motor agan belom ada on/of lampu agan pasang dulu aja.
1. jika udah ada saklar lampu caranya cabut kabel kuning garis merah pada kabel body dan isolasi TIDAK DI PAKAI lalu cabut kabel kuning garis merah yang dari saklar motor agan lalu jumper kabel kuning garis merah yang dari saklar tadi ke kabel kontak warna coklat lalu pasang lampu serti biasa dan coba pasti tok cerr.

2. jika belom ada saklar lampu agan tinggal pasang saklar apa aja terserah tapi saya sarankan pasang saklar ori seperti bawakan motor biar lebih awet, jika agan make saklar biasa tentunya cuman 2 kabel itu lebih enak saat jumpernya tinggal jumper kabel coklat dari kontak masuk ke saklar terus kabel 1 yang dari kontak jumper ke saklar jauh dekat caranya cabut soket saklar jauh dekat lalu copot atau gunting kabel biru garis hitam lalu colok lagi soket tadi dan kabel dari saklar tadi jumper ke kabel biru hitam yang mengarah ke saklar jauh dekat lalu coba di jamin tok cer.
soo itu lah cara pasang lampu LED ke motor bebek yamaha.
 bila agan masih bingung jangan sungkan sungkan hubungi saya lewat email atau comen.

                     trima kasih.
                    Waalaikumsalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pasang Lampu LED di Motor Bebek Yamaha"

Post a Comment